SEBELUM KOMPLAIN KUOTA
Sebelum komplain, lakukan hal berikut ini:
- Cek Nomor Tujuan
Pastikan nomor tujuan yang disebutkan oleh pelanggan tidak salah ketik. Jika salah ketik satu angka, maka kuota bisa saja masuk ke nomor orang lain.
Saran: Cek kembali nomor yang sudah diketik sebelum dikirim.
Jika terjadi kesalahan pengetikan akibat pelanggan keliru memberikan nomor, maka anda tidak perlu mengisikan ulang atau menggantinya.
Tapi jika kesalahan pengetikan akibat anda yang keliru dalam memasukan nomor, maka anda wajib mengisikan ulang kuota pelanggan. - Cek kuota di HP Pelanggan
Kadang kuota masuk tanpa disertai SMS pemberitahuan dari Operator Seluler. Jadi harus pastikan terlebih dahulu jumlah kuota saat ini dengan memanggil nomor berikut:
Cara Cek Kuota Internet Indosat
- Ketik *363# lalu panggil
- Pilih "Internet,Nelp&SMS" dengan ketik angka 2, lalu kirim
- Pilih "Status&Info", dengan ketik angka 8, lalu kirim
- Pilih "Cek Kuota", dengan ketik angka 1, kirim
- Tunggu dialog box yang akan memberitahu sisa kuota Anda
Cek kuota Indosat via internet, klik di sini
Cara Cek Kuota Internet Telkomsel
- Ketik *888# lalu panggil- Pilih "Cek Kuota" dengan ketik angka 3, lalu kirim- Pilih "Cek Kuota Internet" dengan ketik angka 2, lalu kirim
- Tunggu SMS dari 3636 yang akan memberitahu sisa kuota Anda
Cara Cek Kuota Internet XL- Ketik *123*7*1# lalu panggil- Pilih "Cek Kuota" dengan ketik 2, lalu kirim- Pilih paket yang ingin Anda cek kuotanya. Misal: Pilih angka 3 untuk paket HotRod 24 Jam, lalu kirim- Tunggu dialog box yang akan memberitahu sisa kuota Anda
Jika Nomor Tujuan benar, dan saat Cek Kuota ternyata kosong, maka segera komplain ke CS (Customer Service)
CARA KOMPLAIN KUOTA INTERNET
1) Ketik Format berikut
Format:
K.Nomor.Tanggal.Keterangan
Contoh:Kirim pesan ini ke Messenger di aplikasi PropanaK.081234567890.Tgl 3.Kuota dengan kode paket IDY1 sukses tapi belum masuk
2) Dapat balasan dari CS
CS akan memberitahu apakah transaksi benar-benar sudah sukses atau belum.
Jika ada masalah biasanya CS akan mengirim ulang transaksi atau membatalkan transaksi dan mengembalikan saldonya ke akun anda.
Namun, jika CS memberitahu bahwa transaksi benar-benar sukses padahal jelas-jelas kuota tidak masuk, maka kita bisa komplain ke Call Center Operator Seluler Pusat.
Kadang yang bermasalah bukan dari server kami, melainkan ada gangguan dari Operator Pusat yang menyebabkan transaksi tidak sesuai.
CALL CENTER OPERATOR
INFO: Operator Seluler adalah perusahaan pemilik kartu yang kita pakai, seperti Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, dan Tri. Kita bisa menghubungi Call Center mereka melalui Facebook, Twitter, Telepon, Instagram, dan Email
*TELKOMSEL
- Facebook: @telkomsel
- Twitter: @Telkomsel
- Telepon: 188
- Informasi umum (untuk konsumen dalam negeri): 0807 1811 811
- Informasi umum (untuk konsumen luar negeri): +628110 000 333
*INDOSAT
*XL Axiata
- Facebook: @IM3Ooredoo
- Twitter: @IndosatCare
- Instagram: @im3ooredoo
- Telepon: 185
- Facebook: @xlaxiatatbk.id
- Twitter: @XLAxiata_Tbk
- Instagram: @xlaxiata_tbk
- Email: customerservice@xl.co.id
- Telepon: 817
*SMARTFREN
- Facebook: @smartfren
- Twitter: @smartfrencare
- Telepon: 888
*TRI
- Facebook: Tri Indonesia
- Twitter: @3CareIndonesia
- Whatsapp: 08999800123
- Telepon: 132
CONTOH CHAT DENGAN OPERATOR
Berikut contoh cara menanyakan atau memastikan status transaksi ke Operator Seluler lewat Twitter. Isi pesan sebaiknya mencantumkan:
- Nomor HP tujuan
- Jenis Paket
- Nomor SN/Ref
- Tanggal/Jam
- Keterangan
Jika Operator Kartu bilang status transaksi Gagal, tapi CS Propana bilang Sukses, maka obrolan dengan Operator bisa di kirim ke CS Telegram sebagai bukti untuk memperkuat komplain.