Jawab
Semua transaksi yang gagal pasti ada sebabnya. Nah, operator sendiri sudah menjelaskan letak masalahnya melalui balasan dari WhatsApp / SMS / Telegram / Jabber.
Bagi kamu yang menggunakan Aplikasi, alasan transaksi gagal bisa di cek dengan cara:
- Buka Aplikasi Propana
- Tekan History Trx
- Lalu tekan transaksi gagal yang berwarna Merah
Keterangan
- Nomor Tujuan Salah
Artinya nomor tujuan salah ketik atau jenis kartu tidak sesuai dengan paket yang di beli.
Contoh: - Ada salah satu angka yang salah ketik
Solusinya: Telitilah dalam mengetik nomor HP tujuan - Pelanggan pakai kartu Simpati, tapi malah kamu isikan pakai paket kartu AS
Solusinya: Coba isikan pakai paket lain - Pelanggan tinggal di Sumatera, tapi malah kamu isikan paket untuk wilayah Papua
Solusinya: Baca keterangan paket sebelum membelinya - Tenggang
Artinya pelanggan sudah lama tidak isi ulang pulsa / paket data, sehingga masa aktif kartu habis / kadaluarsa / mati total. Kartu seperti ini tidak bisa di isi pakai paket apapun
Solusinya: Sarankan pelanggan untuk membeli kartu baru. - Belum Aktivasi
Artinya kartu belum diaktivasi menggunakan NIK KTP / Kartu Keluarga (KK). Ingat! Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mewajibkan semua kartu untuk di registrasi menggunakan nomor NIK dan KK.
Solusinya: Aktivasi dulu kartu yang beru dibeli sebelum isi pulsa / kuota internet.
Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan kalian semua, terutama untuk penjual pulsa dan paket data internet di seluruh Indonesia. Semoga bermanfaat.